Beberapa Definisi Terkait Persemaian Permanen

Persemaian adalah sebagai suatu tempat yangdigunakan untuk menyemaikan benih suatu jenis tanaman dengan perlakuan tertentu dan selama periode waktu yang telah ditetapkan.

Persemaian permanen adalah persemaian yang dibuat menetap pada suatu lokasi dengan organisasi yang mapan dan personil pelaksana yang tetap dan terpilih, memiliki kelengkapan sarana dan prasarana dengan menggunakan teknologi modern dalam produksi bibit yang memungkinkan pelaksanaan pekerjaan dilakukan secara efektif dan efisien, dapat digunakan selama jangka waktu sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun serta dapat mendukung produksi bibit dalam jumlah yang besar untuk pemenuhan penanaman dengan skala luas dan berimbang.

Green House adalah bangunan di mana tanaman dibudidayakan yang menggunakan bahan transparant (kaca, fiberglass dan plastik).

Mother plant adalah sumber tunas (materi genetik)yang akan digunakan sebagai bahan baku untuk produksi cutting/ stek.

Mother plant Green House adalah bangunan tempat sumber tunas yang akan digunakan sebagai bahan baku untuk produksi cutting/ stek di budidayakan, yang menggunakan bahan transparant (kaca, fiberglass dan plastik).

Production house tempat berlangsungnya proses produksi bibit baik secara vegetatif maupun secara generatif.

Rooting Area/ Germination Area adalah tempat yang kondisi lingkungannya disiapkan untuk proses perkecambahan benih (generatif) atau perakaran stek (vegetatif) dalam tray/ polybag/ bak tabur.

Open Area adalah area/tempat terbuka digunakan untuk tujuan aklimatisasi penyesuaian bibit dengan kondisi lapangan.

Aklimatisasi adalah proses pertumbuhan bibit berbatang lemah menjadi bibit berbatang keras/ berkayu atau dengan kata lain proses pengkayuan bibit.

Polytube adalah tempat media perkecambahan benih yang terbuat dari bahan polietilen yang berbentuk tabung.

Polybag adalah tempat media perkecambahan benih yang terbuat dari plastik.

Boom irrigation adalah sistem pengairan/ penyiraman yang digunakan untuk bibit yang menggunakan media polytube.

Sprinkle irrigation sistem pengairan/ penyiraman yang digunakan untuk bibit yang menggunakan media polybag.

Benih adalah tanaman atau bagiannya yang digunakan untuk memperbanyak dan atau mengembangbiakkan tanaman (Definisi benih berdasarkan UU RI Nomor 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman).

Berdasarkan definisi tersebut dapat diartikan bahwa benih adalah hasil perkembangbiakan secara generatif maupun vegetatif yang akan digunakan untuk memperbanyak tanaman atau untuk usaha tani.

Bibit adalah tumbuhan muda hasil perbanyakan dan/atau pengembangbiakan secara generatif (biji) maupun vegetatif.

Pembiakan vegetatif adalah proses pembuatan atau produksi bibit melalui pembelahan sel dari bagian vegetatif tanaman (dari akar, batang dan pucuk, atau sistem kultur jaringan).

Pembiakan generatif adalah proses pembuatan atau produksi bibit melalui benih tanaman hutan yang dikecambahkan.

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *